RPP KURIKULUM
BERBASIS KARAKTER
DI SEKOLAH DASAR
PADA BIDANG STUDI MATEMATIKA
MAKALAH
UNTUK
MEMENUHI TUGAS MATAKULIAH
Sistem Belajar Mengajar
yang
dibina oleh Ibu Dr. Mustiningsih,
M.Pd.
oleh
Alfi Ihyatul Islam
110131436564
Anis Latifatul B. 110131436527
Ernie Purwanti
110131436158
Mega Suryawati 110131405773
Ngainun Naja 110131405774
UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN
April 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
A.
Identitas Mata Pelajaran
1.
Nama Sekolah : SD ALNISMENA
2.
Kelas : IV (Empat)
3.
Semester : I (Satu)/ Ganjil
4.
Mata
Pelajaran : Matematika
5.
Tema/Pokok
Bahasan Pembelajaran: Sifat Operasi Hitung Komutatif
6.
Jumlah
Pertemuan : 1 x 35
menit (1 x pertemuan)
B. Standar Kompetensi
Memahami dan menggunakan
sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah.
C. Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi
sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah.
D. Indikator Pencapaian Kompetensi
Teridentifikasinya
sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah.
E.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
pembelajaran berlangsung siswa dapat:
a.
Mengetahui jenis operasi hitung secara disiplin (discipline), tekun (diligence)
dan tanggung jawab (responsibility)
b.
Memberikan contoh sehari-hari
yang berhubungan dengan operasi hitung
c.
Melakukan penjumlahan dan
perkalian dengan nol
d.
Melakukan perkalian dengan satu
e.
Melakukan perkalian dua angka
dengan angka sebelas
f.
Melakukan penjumlahan dan
perkalian tiga bilangan berurutan
g.
Mengidentifikasi sifat penyebaran dalam perhitungan.
F. Materi Ajar
a.
Jenis operasi hitung secara disiplin (discipline), tekun (diligence) dan tanggung
jawab (responsibility)
b.
Contoh sehari-hari yang
berhubungan dengan operasi hitung
c.
Penjumlahan dan perkalian
dengan nol
d.
Perkalian dengan satu
e.
Perkalian dua angka dengan
angka sebelas
f.
Penjumlahan dan perkalian tiga
bilangan berurutan
g.
Sifat penyebaran dalam perhitungan.
G.
Alokasi Waktu
1 x 35 menit, dengan rincian:
· Pendahuluan : 5 menit
· Inti :
25 menit
· Penutup : 5 menit
H.
Model/ Pendekatan dan Metode Pembelajaran
· Pendekatan perubahan tingkah
laku
· Metode pembelajaran: Games, Tanya Jawab, dan
Latihan.
I.
Media dan Sumber Belajar
1.
Media Pembelajaran:
a.
alat hitung tradisional
2.
Sumber Belajar:
b.
Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas
4,
c.
Buku lain yang relevan
d.
Kegiatan keseharian yang relevan
J.
Kegiatan pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Sub Kegiatan
|
Waktu
|
Pengorganisasian Siswa
|
|
Siswa
|
Guru
|
||||
1.
|
Pendahuluan
|
a. Berdoa dan memperhatikan guru mempresensi
kehadiran.
b. Memperhatikan penjelasan guru
tentang tujuan pembelajaran
c. Memperhatikan penjelasan guru
mengenai langkah-langkah pembelajaran
d. Memperhatikan penjelasan guru
tentang motivasi mengenai materi yang diajarkan.
e.
|
a. Berdoa yang dipimpin oleh ketua kelas
dan mempresensi siswa.
b. Menjelaskan tujuan
pembelajaran
c. Menjelaskan langkah-langkah
pembelajaran
d. Menjelaskan motivasi mengenai
materi yang diajar.
|
5 menit
|
Klasikal
|
2.
|
Pembelajaran Inti
|
a.
Eksplorasi: memperhatikan penjelasan guru tentang operasi hitung
b.
Elaborasi:
-
Mengikuti permainan yang dibuat guru serta menganalisis dan
menyimpulkan operasi hitung.
-
Melakukan diskusi dan latihan dengan soal-soal yang diberikan oleh
guru.
c. Konfirmasi:
F
- Siswa
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahuinya.
F - bersama dengan uru bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
|
a. Eksplorasi: menjelaskan
tentang operasi hitung
b. Elaborasi:
- Melakukan
permainan (games) mengenai bilangan bulat, diskusi.
- Melakukan
latihan dengan fasilitas soal-soal
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas,
F
c. Konfirmasi:
F
- Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F - Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
F
|
25 menit
|
Klasikal
|
3.
|
Penutup
|
- Siswa membuat catatan kecil
tentang materi yang sudah di jelaskan oleh guru serta menulis tugas rumah yang diberikan oleh
guru.
- Siswa memperhatikan guru dan
mempelajari materi pelajaran selanjutnya.
|
- Guru menjelaskan singkat
tentang materi yang telah dipelajari dan memberikan tugas rumah.
- Guru menjelaskan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
|
5 menit
|
Klasikal
|
K.
Penilaian Hasil Belajar
1. Produk (Hasil Diskusi)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
3.
Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performansi
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai
= ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10. Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan
Remedial.
Lampiran 1 Materi Pelajaran
1. Sifat Komutatif
Seperti yang telah kamu ketahui, sifat komutatif disebut juga
sifat pertukaran.
Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjumlahan berikut:
2 + 4 = 6
4 + 2 = 6
Jadi, 2 + 4 = 4 + 2.
Sifat seperti ini dinamakan sifat
komutatif pada penjumlahan. Sekarang, coba perhatikan perkalian berikut.
2 × 4 = 8
4 × 2 = 8
Jadi, 2 × 4 = 4 × 2.
Sifat seperti ini dinamakan sifat komutatif pada perkalian. Apakah
sifat komutatif berlaku pada pengurangan dan pembagian?
Perhatikan contoh berikut.
a. 2 – 4 = –2 dan 4 – 2 = 2
Jadi, 2 – 4 tidak sama dengan 4 – 2, atau 2 – 4 ≠ 4 – 2.
b. 2 : 4 = 0,5 dan 4 : 2 = 2
Diperoleh bahwa 2 : 4 tidak sama dengan 4 : 2, atau 2 : 4 ≠ 4 : 2
Perhatikan contoh berikut.
a. 2 – 4 = –2 dan 4 – 2 = 2
Jadi, 2 – 4 tidak sama dengan 4 – 2, atau 2 – 4 ≠ 4 – 2.
b. 2 : 4 = 0,5 dan 4 : 2 = 2
Diperoleh bahwa 2 : 4 tidak sama dengan 4 : 2, atau 2 : 4 ≠ 4 : 2
4.
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
o Melakukan operasi hitung dengan sifat pertukaran, pengelompokan,
dan penyebaran
o Menentukan hasil perkalian
dengan bilangan 0 dan 1
o Menentukan hasil pembagian dengan bilangan 0 dan 1
|
Tugas Individu
dan Kelompok
|
Laporan buku
pekerjaan rumah
|
o Sebutkanlah operasi hitung dengan sifat pertukaran, pengelompokan,
dan penyebaran
o Tentukan hasil perkalian
dengan bilangan 0 dan 1
o Tentukan hasil pembagian dengan bilangan 0 dan 1
|
Contoh soal :
1. Sifat Komutatif
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Matematika
.................................. ..................................
No comments:
Post a Comment